Lamalera Lembata NTT: Destinasi Wisata Dunia

Penjabat Bupati Lembata. Drs. Pieter Manuk menegaskan Desa Nelayan Lamalera yang terkenal sejak ratusan tahun lalu karena budaya Penangkapan Ikan Paus secara tradisional dengan peralatan sederhana harus tetap dipertahankan sebagai potensi unggulan Kabupaten Lembata. Provinsi NTT menjadi Destinasi Wisata Dunia.

Pieter Manuk mengatakan hal itu di Lamalera. senin.31/10 ketika mendampingi Tim dari Kementerian Pariwisata. Tim Kemenko Maritim dan Tim dari Dinas Pariwisata Provinsi NTT dalam kegiatan kunjungan wisata dan seminar Internasional Ikan Paus.

‘Terima kasih untuk seluruh masyarakat Lamalera yang telah menerima tamu wisatawan dengan hati tulus penuh sukacita. Kami datang tidak untuk melarang nelayan Lamalera menangkap Ikan Paus secara tradisional. Tapi justru kami datang untuk memberikan dukungan agar Tradisi Budaya Penangkapan Ikan Paus harus tetap dilestarikan menjadi potensi wisata unggulan Lembata dan sekaligus Destinasi Wisata Dunia ‘. ungkap Pieter Manuk disambut tepuk tangan masyarakat Lamalera.

Dari Desa Nelayan inilah ungkap Pieter Manuk. lahir banyak orang pintar karena konsumsi ikan paus. Antara lain. Alm. Prof. Dr. Gorys Keraf. ahli Bahasa Indonesia dan Dr. Sonny Keraf yang mantan Menteri Lingkungan Hidup RI. Hadir saat ini juga, Dr. Blajan Konradus (Mance Dasion), anak tanah Lamalera, Antropolog Undana Kupang.

“Tradisi budaya Penangkapan Ikan Paus di Lamalera harus dijaga, dan dilestarikan dari generasi ke generasi. Karena Tradisi Budaya ini sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Potensi wisata unggulan Lembata, Provinsi NTT ini senantiasa dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Karena itu, menurut Pieter Manuk,Pemda Lembata telah bertekad membangun sebuah Museum Ikan Paus di Lewoleba, Ibukota Kabupaten Lembata dan lokasinya dibelakang Taman Kota Lewoleba. Pihak Pemerintah Pusat menyambut positip rencana itu setelah menerima Proposal Pemda Lembata.***
(Humas Setda Lembata)**

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password