Meriahkan Harnus di Lembata,TNI AL Gelar Lomba Renang dan Dayung

TNI AL menggelar lomba Dayung Perahu Tradisional dan Lomba Renang dalam rangka memeriahkan Hari Nusantara di Lemabata NTT. Hadiah yang ditawarkan pun bukan main main. Total hadiah yang disediakan oleh panitia sebesar Rp. 50juta.

Komandan Pos Angkatan Laut, Fransisco BJ,  8 Desember 2016 di Pos Angkatan Laut Pelabuhan Lewoleba, menjelaskan lomba dayung perahu tradisional dan lomba renang dibuka untuk semua lapisan masayarakat Lembata.

“Kami sudah membuka pendaftaran lomba renang dan lomba dayung perahu tradisional gratis untuk semua kalangan masyarakat. Tanpa memungut biaya,” ungkap Fransisco.

Lokasi Expo Nusantara Pelabuhan Laut Lewoleba. (foto sandro)

Dia menjelaskan saat pendaftaran dibuka, ada peserta dari luar Kabupaten yang mendaftar. Misalnya, peserta dari Kota Kupang, Berly Bire berumur 12 tahun dan menjadi peserta termuda untuk lomba renang.

Perlombaan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Nusantara 2016 dan memperkenalkan laut kepada semua kalangan masyarakat.
Fransisco lebih jauh mengungkapkan perlombaan perahu tradisional dan lomba renang ini akan menempuh jarak 1000 meter.

“Rencananya Lomba Dayung Perahu Tradisional digelar dengan titik start dari pelabuhan jetti milik Ben Tenti dan finish di Pelabuhan Jetti milik pemda Lembata,” ungkap Fransisco.
Sementara lomba Renang dimulai dari Pelabuhan Jobber, lalu peserta diarahkan ke tengah laut dan berenang berbelok menuju pelabuhan jetti milik pemda Lembata.

Sampai dengan saat ini total selain total hadiah sebanyak 50 juta, panitia juga menyiapkan perahu untuk perlombaan sebanyak 30 buah dan dayung juga pakaian renang. Untuk renang panitia mempersilakan peserta untuk memakai pakaian sendiri agar lebih nyaman.

Disinggung soal jumlah peserta yang sudah mendaftar, Fransisci mengungkapkan untuk Lomba Dayung Perahu Tradisional sudah 53 tim yang mendaftar sementara Lomba Renang sudah 123 peserta. Untuk lomba dayung, satu tim terdiri dari dua orang.

Untuk itu, Fransisco menginformasikan bahwa pada tanggal 11 Desember 2016, Pkl.06.00 akan digelar technical meeting dan apel bersama, sebelum lomba dayung diselenggarakan.  Lalu sehsri sebelum puncak perayaan Harnus, 12 Desember 2016, digelar lomba renang yang rencananya dibuka oleh danlanal maumere, Kolonel Marinir Firman Johan. (sandrowangak)

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password