Bupati Sunur: Lembata “Two Point Zero” Fokus Pada Peningkatan Pendapatan

Menurut  Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, Lembata lima tahun kedepan dibawah hashtag Lembata two point zero akan fokus  pada peningkatan pendapatan. Hal ini sejalan dengan Rencana Pembangunan jangka menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Propinsi (RPJMP) yang juga fokus pada hal ini karena merosotnya pendapatan nasional dan pendapatan daerah. Merosotnya pendapatan ini membuat daerah perlu mencari ruang-ruang baru untuk meningkatkan pendapatan daerah agar dapat membiayai pembangunan daerahnya sendiri.

Sebagaimana dikatakan Gubernur NTT Drs. Frans Lebu Raya di saat pelantikan Selasa, 22/05/2017, menurut Sunur telah sejalan dan telah dilaksanakan selama lima tahun masa kepemimpinannya. Kepemimpinannya 2011 sampai 2016 disebutnya sebagai Lembata One Point Zero.

“Kemarin (2011-2016) fokus kita pada recovery ekonomi. Untuk recovery ekonomi ini, Sekarang  kita sudah jalan dengan pembangunan konektivitas dan sumber daya terpadu.  Kita datangkan kapal-kapal Tol Laut, kita buat pariwisata, promosi pariwisata, pertanian kita dorong dan di sektor perikanan dan kelautan kita mendorong Lembata sebagai simpul maritim. Ini sudah kita buat dan sejalan dengan yang dikatakan Gubernur tadi saat pelantikan. Lembata sudah sangat siap”, kata Sunur.

Selanjutnya dalam sambutan pada acara syukuran pelantikan yang digelar di Hotel Timor Raya Selasa malam, 22/05/17 ini Sunur mengurai.

“Kali ini dalam 2017-2022 bukan lagi Lembata One Point Zero tapi Lembata Two Point Zero fokus kita pada peningkatan pendapatan. Sektor yang kita dorong adalah infrastruktur strategis, katahanan pangan dan industry. Mudah-mudahan di tahun ini kita akan bangun Sarden Lembata, pabrik ikan kaleng Lembata. Target kita di tahun 2025 Lembata sudah menjadi kabupaten Industri dan memberi kontribus bagi ekonomi NTT dan ekonomi nasional. Kita harus berani menghadapi apapun yang ada”, tegasnya.

Untuk DPRD Kabupaten Lembata Sunur mengharapkan agar dapat dibangun kemitraan yang labih baik kedepan sehingga semua program pembangunan untuk Lembata lebih baik kedepan dapat terlaksana. “Yang kemarin-kemarin tidak perlu lagi kita bicarakan. Kita bicara kedepan. Yang kemarin-kemarin kita jadikan sebagai bahan evaluasi tetapi evaluasi yang konstruktif”, harap Sunur.

Acara syukuran pelantikan yang digelar di Hotel Timor Raya Kupang NTT berlangsung meriah berkat kerjasama Pemda Lembata dengan Perkumpulan Masyarakat Lembata di Kupang. Acara dihadiri seluruh masyarakat Lembata yang berada di Kota Kupang serta beberapa petinggi partai tingkat Propinsi. Acara Syukuran juga dimeriahkan beberapa group musik Lembata di Kota Kupang dibawah pimpinan Bapak Gerady Tukan. (Humas Setda Lembata)

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password