Pemkab Mabar dan Lembata sepakat Kerjasama Pembangunan Daerah

Labuan Bajo, Kominfomabar – Bupati Manggarai Barat Drs. Agustinus Ch Dula dan Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, ST, MT menandatangani MOU Kerjasama Pembangunan Daerah antara dua Kabupaten di Ruang Rapat Bupati Manggarai Barat, Senin (15/7).

Penanda tanganan MOU kerjasama ini dalam rangka menindak lanjuti hasil rapat kerja Gubernur bersama Bupati/ Walikota se Provinsi NTT di Labuan Bajo tanggal 10 juni 2019 lalu.

Adapun maksud dan tujuan dari MOU kerjasama ini adalah untuk memenuhi kebutuhan dan/ atau memperoleh manfaat yang saling menguntungkan dalam kerangka perencanaan pembangunan antara Pemda Mabar dan Pemda Lembata.

MOU mencakup Bidang Perikanan, pertanian, kebudayaan dan pariwisata, industri dan perdagangan, serta pembangunan manusia. MOU berlaku selama 12 bulan sejak tanggal ditandatangani dan akan dievaluasi kembali.

Bupati Gusti dalam sambutanya mengatakan bahwa potensi unggulan dari dulu Pertanian dan Perkebunan. Dan sektor ini mempunyai kontribusi yang sangat besar bagi kehidupan orang Manggarai pada umumnya dan sekarang baru pariwisata.

“saat ini sektor pariwisata ternyata semakin unggul dan menyita perhatian dunia dengan Komodo dan kekayaan-kekayaan alam yang luar biasa diciptakan Tuhan. Dan sebagai warga Manggarai Barat, kami tentu bersyukur atas anugerah yang sangat menakjubkan ini,” katanya.

Semoga dengan ditandatanganinya MoU ini, masyarakat dari kedua Kabupaten ini semakin maju dan sejahtera, lanjut Bupati Gusti

Saat ini Pemkab Lembata fokus untuk pengembangan sektor Pariwisata, sehingga potensi yang bisa dijadikan Destinasi atau daya tarik wisata yang potensial, penguatan SDM, percepatan pembangunan infrastruktur untuk daya saing bisa didesain dengan baik. Pada saat yang sama juga dilakukan Promosi yang semuanya berorientasi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Bupati Lembata memaparkan.

Selanjutnya harapan yang sama disamoaikan oleh Bupati Lembata, semoga MoU ini membawa kemajuan bagi kedua daerah.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Lembata Dr. Thomas Ola Langoday, Sekda Lembata Antanasius Aur Amontoda kepala OPD Lembata, Wakil Ketua 1, 2 dan anggota DPRD Kab. Lembata, Kepala Bappeda dan Kepala Badan Keuangan Daerah, Sementara dari Kabupaten Manggarai Barat hadir asisten II Martinus Ban, ST dan sejumlah pimpinan OPD Lingkup Pemerintahan Kab. Manggarai Barat. (kominfomabar/Valen/Syarif ab).

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password