Wabup Lembata Hadiri Peringatan 40 Tahun Bencana Waiteba

Rabu, 17 Juli 2019 , Wakil Bupati Lembata Thomas Ola Langoday menghadiri misa kudus mengenang 40 tahun korban bencana Waiteba. Misa yang dipimpin oleh uskup Larantuka, Mgr Frans Kopong Kung, Pr ini berlangsung di tengah kampung Waiteba dan cukup banyak umat dari desa-desa tetangga yang ikut ambil bagian dalam perayaan ekaristi ini.

Pada acara resepsi bersama, Wakil Bupati Lembata pada tempat yang pertama menyampaikan kesedihannya atas tragedi yang terjadi 40 tahun silam itu. Meskipun peristiwa itu telah lama berlalu, namun ingatan kita tak mungkin melupakan itu. Sebab itu, beliau mengajak segenap umat yang hadir untuk senantiasa mengingat arwah-arwah mereka baik dalam doa-doa pribadi maupun doa bersama.

Selain itu, Wabup Lembata juga mengingatkan penduduk Waiteba yang kini menetap di Waiteba (Terdapat 12 KK) untuk tetap waspada. Baginya, siklus alam terus berputar. Tak ada jaminan bahwa ke depannya tidak akan terulang lagi hal sama. Maka dari itu, wabup Lembata menghimbau dinas-dinas terkait untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat Waiteba guna mengurangi resiko bencana.

Pada momen ini, Wabup Lembata juga menyempatkan diri untuk berziarah ke pekuburan masal para korban bencana Waiteba. Mereka disemayamkan tidak jauh dari tempat dilangsungkan perayaan ekaristi hari ini.

Selesai resepsi, Wabup Lembata mengajak Mgr Frans beserta rombongan OPD, Bpk Pieter Bala Wukak selaku anggota DPRD kab. Lembata serta beberapa tamu lainnya untuk berjalan santai ke Pantai Waiteba yang letaknya setengah kilo meter dari tempat acara. Sepanjang jalan hingga tiba di lokasi, mereka membuat pengamatan mengenai kondisi kampung Waiteba.

Dari situ, beliau mendorong para kepala-kepala OPD terkait untuk menangkap peluang-peluang yang ada dan segera melakukan inovasi-inovasi. Karena, kata Wabup Lembata, Waiteba punya alam yang begitu subur dan hasil laut yang sangat menjanjikan.

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password